Wednesday 5 December 2012

Pentingnya Cukup Tidur Saat Sedang Berpuasa

Pentingnya Cukup Tidur Saat Sedang Berpuasa Pentingnya Cukup Tidur Saat Sedang Berpuasa Pentingnya Cukup Tidur Ketika Sedang Berpuasa

Pentingnya Cukup Tidur Saat Sedang Berpuasa – Saat sedang berpuasa, tidur pun akan memiliki pahala namun bukan berarti orang harus melakukan lebih banyak tidur daripada beraktifitas. Bagi orang yang memiliki pekerjaan kecil kemungkinan sanggup bermalas-malasan dengan tidur ketika berpuasa. Kemungkinan besar justru jam tidur yang makin berkurang. Pasalnya pada ketika puasa, maka akan ada waktu dimana harus makan sahur terlebih dahulu. Hal ini tentu saja mengubah waktu tidur. Belum lagi apabila setelah sahur sudah tidak sanggup tidur kembali.

Itulah mengapa pada ketika berpuasa, penting kiranya untuk memperhatikan setiap asupan nutrisi semoga  tubuh tetap terjaga kesehatannya. Selain itu perlu juga memperhatikan waktu tidur. Apalagi bagi orang yang akan mengalami kesulitan tidur kembali setelah sahur atau sholat shubuh. Apabila hal ini hingga terjadi maka sanggup menjadikan kurang tidur atau tidur pun kurang berkualitas kesannya justru lemas dan malas beraktifitas.

Pentingnya Cukup Tidur Saat Sedang Berpuasa

Mengapa kita tidak boleh meremehkan kecukupan tidur ketika berpuasa? menurut dr. Andreas Prasadja, RPSGT menyerupai yang dikutip tempo.co mengungkapkan bahwa ketika seseorang mengalami gangguan tidur sanggup mengakibatkan pengaruh kurang baik bagi tubuhnya. Dalam penuturannya jangan hingga seseorang meremahkan soal kurang tidur. Karena ketika seseorang kurang tidur maka hal tersebut akan menganggu semua sistem kinerja tubuhnya. Beberapa diantaranya adalah 
  • Otak sulit fokus. Sudah tentu akan menganggu aktifitas atau pekerjaan yang seharusnya dilakukan. Mengantuk sudah pasti menurunkan produktifitas kerja yang dilakukan.
  • Emosi praktis meledak. Orang kurang tidur cenderung akan praktis marah atau langsung emosi hanya alasannya hal-hal sepele.
  • Metabolisme tubuh terganggu. Hal ini akan sangat mengakibatkan gangguan bagi orang berpuasa. sistem metabolisme terganggu dimana keinginan makan bertambah, cenderung praktis lapar. 
  • Kurang tidur juga sanggup mengakibatkan bahaya bagi diri sendiri maupun orang lain. Misalnya tetap memaksakan diri untuk mengendarai motor atau mobil padahal mengantuk. Tentu saja sanggup mengakibatkan kecelakaan fatal.

Obat Mujarab Kurang Tidur

Lalu apa obar mujarab kurang tidur? Tentu saja tidur dan itulah balasan yang disampaikan dr. Andreas. Saat mengantuk jangan dipaksakan untuk mengonsumsi kopi, minuman berenergi dan lainnya dengan harapan akan kembali fokus bekerja, tidak mengantuk dan memulihkan stamina. Mengantuk itu sakit dan obatnya tentu saja tidur. 

Tips Menyiasati Cukup Tidur Saat Puasa

Agar memperoleh waktu istirahat atau jam tidur yang cukup ketika menjalankan puasa maka perlu melakukan persiapan khusus. Pastikan telah memiliki hidangan sahur sehingga tidak perlu memasaknya cukup menghangatkannya ketika ketika pagi. Pilih hidangan yang cepat namun sehat misalnya oatmel, susu dan buah. Tentu proses untuk menyiapkannya sangat mudah. Hal ini akan membantu Anda untuk sanggup memajukan jam tidur malam. Memajukan jam tidur sehingga sanggup bangun sahur sesuai waktu yang diinginkan. Untuk mengetahui berkualitas tidaknya waktu tidur yang dilakukan sanggup dilihat bagaimana keadaan tubuh ketika pagi dan siang hari. Apabila terasa lemas, tidak segar dan cepat mengantuk ketika siang hari, sanggup jadi waktu tidur Anda kurang berkualitas.


Sumber https://jenninkaa.blogspot.com/

No comments:

Post a Comment

Tips Cerdas Mengatasi Biduran ( Urtikaria )

Tips Cerdas Mengatasi Biduran ( Urtikaria ) - Urtikaria ialah bercak yang sangat gatal dengan jerawat putih atau kuning dikelilingi kulit ...