Sunday 25 November 2012

Makanan Yang Sebaiknya Dibatasi Saat Berbuka Puasa

Makanan yang Sebaiknya DIbatasi dikala Berbuka Puasa Makanan yang Sebaiknya DIbatasi ketik Makanan Yang Sebaiknya Dibatasi Ketika Berbuka Puasa
Makanan yang Sebaiknya Dibatasi dikala Berbuka Puasa – Bulan ramadan bantu-membantu ialah waktu yang tepat untuk mengelola kesehatan tubuh. Pasalnya orang yang sedang berpuasa sanggup mengatur masakan apa saja yang dikonsumsi untuk memenuhi nutrisi yang diharapkan badan selama berpuasa. Sayangnya, fakta yang ada sebagian besar orang justru tidak sanggup mengontrol pola makan sesudah berpuasa selama sekitar 12 jam. Saat berbuka ialah waktu dimana orang kemudian menjadi waktu balas dendam. Jadi jangan heran apabila sesudah puasa berat badan justru naik dan beberapa kali mengalami gangguan kesehatan misalnya gangguan pada pencernaan.

Makanan yang Sebaiknya Dibatasi dikala Berbuka Puasa

Itulah mengapa sebaiknya biar puasa yang dijalankan lebih maksimal terutama dalam pengelolaan kesehatan tubuh, ada baiknya menghindari beberapa masakan yang justru sanggup menambah berat badan atau justru menganggu kesehatan. 

Berikut ini beberapa jenis masakan yang sebaiknya dibatasi konsumsinya, boleh mengonsumsi namun jangan terlalu banyak. Mengutip dari detik.com masakan tersebut diantaranya : 
  • Gorengan. Makanan ini sudah semacam menjadi sajian wajib bagi beberapa orang dikala berbuka. Sambil minum teh bagus atau minuman segar lainnya. Apabila Anda termasuk penggemar gorengan dikala berbuka, mungkin sebaiknya dihindari atau dibatasi konsumsinya. Mengapa? Menurut pakar gizi, Prof. Dr. Hardiansyah, MS memberikan sebetulnya gorengan termasuk jenis masakan yang memiliki kandungan protein tinggi. Protein memerlukan proses lama untuk mengubahnya menjadi energi. Akibatnya sanggup membuat orang lemas bukan segar sesudah banyak mengonsumsinya.
  • Gula. Berbukalah dengan masakan atau minuman yang bagus telah menjadi semacam slogan wajib dikala berbuka. Akibatnya orang pun adakalanya kalap dengan mengonsumsi minuman maupun masakan manis. Memang benar masakan atau minuman bagus akan cepat menggantikan energi yang hilang. Namun sebaiknya membatasinya. Atau pilih bagus yang berasal dari bahan alami misalnya jus buah-buahan yang tentu saja jangan menggunakan gula. Manis berlebih juga sanggup membuat kadar lemak darah atau trigliserida naik.
  • Makanan asam dan pedas. Batasi pula konsumsi masakan asam dan pedas pada dikala berbuka puasa. Lambung yang kosong kemudian bertemu dengan masakan pedas atau asam tentu sanggup kaget dan terasa perih. Apabila tidak sanggup meninggalkan masakan pedas, sebaiknya tahan dan membatasinya. Makan secukupnya saja dan jangan berlebihan. 

Lalu masakan dan minuman ibarat apa yang boleh dikonsumsi? Sebenarnya masakan manis, gorengan, berlemak, pedas, maupun asam sanggup dikonsumsi. Tetapi perlu melakukan kontrol diri. inilah esensi penting dari berpuasa ialah menahan diri. Menahan diri tidak hanya dikala berpuasa tetapi juga pada dikala berbuka maupun sahur dengan bijak mengonsumsi setiap masakan dan minuman. Karena hal tersebut akan berhubungan akrab dengan kesehatan tubuh. 


Sumber https://jenninkaa.blogspot.com/

No comments:

Post a Comment

Tips Cerdas Mengatasi Biduran ( Urtikaria )

Tips Cerdas Mengatasi Biduran ( Urtikaria ) - Urtikaria ialah bercak yang sangat gatal dengan jerawat putih atau kuning dikelilingi kulit ...