Friday 26 September 2014

Tips Perawatan Luka, Terpotong, Dan Kemasukan Benda

Luka kecil, terpotong, dan kemasukan benda adalah cedera umum. Luka biasanya akan berdarah beberapa saat, kadang nyeri dan ada debu terperangkap di dalamnya. Anda kadang mampu melihat serpihan benda di bawah kulit atau kuku, merah, terasa panas, dan nyeri tamat infeksi. Luka ini, meskipun minor mampu membawa resiko tetanus, atau infeksi bakteri berbahaya yang mampu membuat fatal. Anak-anak diimunisasi tetanus tetapi perlu ulang ketika dewasa. Setelah merawat setiap luka yang memotong kulit, periksaslah apakah perlu imunisasi tetanus. Minta saran medis jikalau diimunisasi lebih dari 10 tahun lalu atau Anda tak ingat kapan menerima imunisasi.


 Luka biasanya akan berdarah beberapa ketika Tips Perawatan Luka, Terpotong, Dan Kemasukan  Benda
Gambar : Luka Terpotong

Beberapa teknik simpel membuang serpihan dan mengobati luka kecil, terpotong dan kemasukan benda mampu dilihat di bawah ini.

Membuang Serpihan

Sebagian besar serpihan simpel dibuang. Tujuan Anda adalah mengambil seluruh serpihan. Jika mungkin, dan meminimalkan risiko infeksi. Gunakan sarung tangan, jikalau mampu cuci tangan sampai bersih.
  • Cucilah daerah sekitarnya dengan sabun dan air hangat dan keringkan dengan kasa. Sterilkan pinset dengan memanaskan ujungnya dengan api dari korek api. Tunggu sampai dingin sebelum menggunakannya.
  • Tekan kulit sekitar serpihan sehingga ujungnya keluar. Pegang serpihan dengan pinset lalu tarik perlahan, dengan sudut sama dengan sudut masuknya serpihan. Coba jangan sampai terpotong.
  • Tekan kulit sekitar luka sampai darah keluar sedikit; untuk membersihkan kotoran. Bersihkan kembali dengan air hangat, keringkan, dan tutup menggunakan plester.
  • Minta sumbangan medis jikalau serpihan besar tidak mampu keluar dengan mudah; dan nyeri; korban demam; dan/atau korban tidak imunisasi tetanus dalam waktu lama.

Mengobati Luka

Tugas Anda ketika mengobati luka kecil adalah menghentikan perdarahan dan meminimalkan resiko infeksi. 
  • Sebelum mulai, pakailah sarung tangan, jikalau bisa, atau cuci tangan sampai bersih.
  • Hentikan perdarahan dengan menekan kasa diatas luka. Angkat cuilan yang luka di atas level jantung (lebih tinggi dari jantung), jikalau mungkin, untuk mengurangi fatwa darah yang keluar. Sebagian besar luka kecil akan berhenti dalam beberapa menit.
  • Tekan perlahan dan tutup luka dengan perban. Jangan gunakan kapas yang mampu menempel ke luka.
  • Minta sumbangan medis, jikalau lukanya dalam. Anda tidak mampu mengeluarkan butiran kotoran dari luka, luka jadi panas, merah, bengkak, dan nyeri; dan/ atau korban belum diimunisasi tetanus.
Nah, itulah beberapa teknik simpel membuang serpihan dan mengobati luka kecil, terpotong dan kemasukan benda yang mampu Anda lakukan untuk mengatakan sumbangan pertama.
Sumber Gambar : kdei-taipei.org
Sumber https://jenninkaa.blogspot.com/

No comments:

Post a Comment

Tips Cerdas Mengatasi Biduran ( Urtikaria )

Tips Cerdas Mengatasi Biduran ( Urtikaria ) - Urtikaria ialah bercak yang sangat gatal dengan jerawat putih atau kuning dikelilingi kulit ...