Monday 19 May 2014

Pertolongan Pertama Cedera Mata

Pertolongan Pertama Cedera Mata - Mata mudah lebam atau luka tanggapan pukulan langsung. Mata juga mampu cedera tanggapan benda tajam ibarat potongan gelas, atau iritasi tanggapan pasir atau debu yang masuk ke mata. Percikan zat kimia mampu mencederai mata, dan banyak produk rumah tangga ibarat detergen mengakibatkan iritasi bila kontak dengan mata. Cedera mata biasanya menyakitkan, dan mata yang cedera akan berair, bengkak,d an merah. Semua cedera mata mampu berakibat serius, alasannya yaitu ialah ada resiko penglihatan jadi terganggu.

 Mata mudah lebam atau luka tanggapan pukulan pribadi Pertolongan Pertama Cedera Mata

Menangani Cedera Mata

Anda harus minta perlindungan medis untuk semua cedera mata meskipun kecil. Tugas utama Anda ialah membuat korban berusaha tenang, menutup luka, dan minta perlindungan medis.
  • Periksa mata dengan hati-hati, bila sekitar matanya menghitam, dan Anda yakin ini tidak serius, Anda mampu menanganinya.(lihat mata lebam). Pasir atau debu di mata mampu dikeluarkan sepanjang benda ini mampu bergerak di atas putih mata (lihat benda abstrak di mata), tapi ingat jangan pernah mencoba mengeluarkan benda dari pecahan mata atau apapun yang masuk ke dalam mata.
  • Jika mata luka atau lebam parah, bantu korban berbaring dan taruh kepalanya di pangkuan Anda agar tak bergerak. Minta ia tenang. Tutup mata yang cedera dengan kasa atau perban steril, dan minta korban memegangnya. Atur kedatangan perlindungan medis.


Menangani Zat Kimia di Mata

Anda harus segera membersihkan mata korban dari zat kimia. Lindungi diri Anda dan jaga agar air yang tercemar mampu mengalir bebas.
  • Kenakan sarung tangan, bila ada, letakkan mata di bawah air hambar yang mengalir setidaknya 10 menit, posisikan kepala hingga air yang tercemar tidak masuk ke mata lainnya di wajah. Bilas mata dan kelopak mata hingga bersih. Jika kedua mata kena, palingkan kesisi lainnya dan ulangi prosesnya.
  • Saat nyerinya berkurang. Beri korban kasa bersih untuk dipegang di atas mata. Perban tak ketat dan bawa korban ke rumah sakit. Identifikasi zat kimianya bila mampu dan informasikan ke petugas rumah sakit.

Sumber https://jenninkaa.blogspot.com/

No comments:

Post a Comment

Tips Cerdas Mengatasi Biduran ( Urtikaria )

Tips Cerdas Mengatasi Biduran ( Urtikaria ) - Urtikaria ialah bercak yang sangat gatal dengan jerawat putih atau kuning dikelilingi kulit ...