Friday 24 May 2013

Bolehkah Bayi Dibedong?

 Setelah melahirkan Ada sebuah kebiasaan yang banyak dilakukan para ibu zaman dulu yakni b Bolehkah Bayi Dibedong?
Bolehkah bayi dibedong? - Setelah melahirkan Ada sebuah kebiasaan yang banyak dilakukan para ibu zaman dulu yakni bayi tersebut dibedong atau bayi dibungkus rapat - rapat mengunakan kain. Biasanya dilakukan usai mandi sore hari. Bayi digedong dengan impian dapat memberikan rasa hangat pada tubuh bayi. Selain itu digedong dilakukan untuk memperbaiki bentuk kaki bayi yang bengkok. Benarkah demikian?

Menurut Prof. Dr. Mardjanis Said SpA(K) dari RS Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara memberikan bersama-sama membedong bayi bekerjsama kurang baik, ada beberapa alasan yakni :
  • Dibedong apalagi dengan ikatan yang terlalu ketat justru membuat pergerakan dada bayi yang tengah bernafas justru kurang leluasa. Padahal bayi yang bernafas membutuhkan naik turunnya dada yang leluasa. Selain itu saat bayi dibedong justru akan membuat ibu kurang dapat mengontrol bagaimana pergerakan nafas bayi apakah normal atau tidak.
  • Dibedong juga tidak berpengaruh pada perubahan bentuk kaki bayi. Kaki bayi yang baru lahir memang ibarat agak bengkok. Hal ini dikarenakan sejak masih dalam kandungan janin dalam posisi meringkuk menyesuaikan bentuk kandungan. Nantinya saat berusia sekitar dua bulan, bentuk kaki bayi tersebut akan normal dengan sendirinya. Kecuali memang ada kelainan pada tulang maka bentuk kaki tersebut dapat jadi tidak berubah.
  • Dibedong juga tidak dapat mengurangi refleks terkejut pada bayi. Refleks terkejut pada bayi bekerjsama suatu hal yang normal. Untuk mengatasi rasa terkejut pada bayi dapat dengan memeluknya, menenangkannya dengan meletakkan telapak tangan dengam lembut pada penggalan dada bayi.
Boleh Dibedong Asalkan 

Jika memang belum dapat meninggalkan kebiasaan ibu zaman dulu atau ingin menjaga perasaan para ibu yang menyarankan semoga buah hati dibedong mungkin ada beberapa pertimbangan yang dapat digunakan, misalnya :
  • Lihat kondisi cuaca. Jika memang berada di daerah dengan iklim yang masbodoh mungkin membedong tetap bisà dilakukan. Tetapi mungkin jangan terlalu rapat semoga bayi tetap dapat bernafas dengan mudah. Solusi lain jka ingin memberi kehangatan padà buah hati tanpa dibedong dapat diberi selimut dan memeluknya.
  • Lihat bagaimana reaksi buah hati. Saat dibedong lihat bagaimana reaksi buah hati Anda saat dibedong apakah terlihat nyaman atau justru tersiksa. Karena yang paling penting yakni kenyamanan buah hati Anda. Jika justru menangis sebaiknya segera dilepas.


Sumber https://jenninkaa.blogspot.com/

No comments:

Post a Comment

Tips Cerdas Mengatasi Biduran ( Urtikaria )

Tips Cerdas Mengatasi Biduran ( Urtikaria ) - Urtikaria ialah bercak yang sangat gatal dengan jerawat putih atau kuning dikelilingi kulit ...