Friday 4 January 2013

Mengenali Penyakit Hepatitis

 Salah satu jenis penyakit dalam yang menyerang organ hati Mengenali Penyakit Hepatitis Mengenali Penyakit Hepatitis
Mengenali Penyakit Hepatitis – Salah satu jenis penyakit dalam yang menyerang organ hati. Penyakit ini yang menjadikan radang hati dan dapat menyerang siapa saja baik pria maupun wanita majemuk usia. Salah satunya yang dialami Dahlan Iskan yang membuatnya harus menjalani transplantasi hati. Gejala penyakit ini biasanya penderita akan praktis merasa lelah. Adakalanya mual hingga muntah. Bagian perut terasa sakit terutama di area organ hati. Keinginan untuk makan berkurang drastis, badan mengalami demam kemudian urine berwarna gelap dan dikala buang air besar berwarna abu-abu. Penderita juga akan mengalami nyeri pada sendi dan otot. Kemudian kulit maupun mata menguning. Gejala tersebut terjadi dapat karena penyakit hepatitis A, B atau C. baca juga: Pentingnya Imunisasi Bagi Seseorang

Perbedaan Penyakit Hepatitis A, B dan C

  • Hepatitis A. Penyakit ini disebabkan virus hepatitis A. Penyakit ini dapat menular secara langsung melalui kuliner maupun minuman yang tercemar virus hepatitis A. Penyakit ini dapat menjadikan organ hati tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Cara pencegahan dapat dengan mencuci tangan sebelum dan sehabis makan, sebelum dan sehabis buang air kecil maupun besar. Cara pencegahan terbaik dengan melakukan imunisasi atau proteksi vaksin.
  • Hepatitis B. Penyakit ini disebabkan virus hepatitis B (HBV). Penularan terjadi melalui darah maupun cairan tubuh. Misalnya ditularkan ibu terhadap janinnya, transfusi darah, atau korelasi intim dengan pasangan. Penyakit ini dapat menjadikan kanker hati atau sirosis dan kegagalan hati. Repotnya, gejala penyakit ini baru muncul sehabis tiga bulan terinfeksi virus HBV. Parahnya dikala menyerang bayi dan anak-anak tidak terlihat gejala apapun. Vaksin adalah cara terbaik untuk pencegahan.
  • Hepatitis C. Jenis penyakit hepatitis yang paling berat karena hingga kini belum ditemukan vaksinnya. Penyakit yang menyerang bagian hati dan menjadikan peradangan. Penularan terjadi ibarat halnya hepatitis B. Bisa melalui transplantasi organ, transfusi darah, jarum suntik, ibu ke janinnya, korelasi intim.

Perlu Diketahui dan Diingat!

  • Virus hepatitis C dikatakan 10 kali lebih praktis menular daripada HIV. Karena hingga kini baru vaksin hepatitis A dan B yang tersedia maka jauhi faktor risiko yang menjadikan hepatitis C adalah cara terbaik. Sementara itu untuk melakukan imunisasi atau proteksi vaksin hepatitis A dapat dilakukan 3 hingga 4 kali sejak usia bayi 6 hingga 18 bulan. 
  • Untuk pencegahan sebaiknya selalu diupayakan untuk melakukan vaksinasi, mencuci tangan dengan sabun, sanitasi yang bersih. Saat mengonsumsi air minum pun pastikan air benar-benar bersih dan higienis. 

Sumber https://jenninkaa.blogspot.com/

No comments:

Post a Comment

Tips Cerdas Mengatasi Biduran ( Urtikaria )

Tips Cerdas Mengatasi Biduran ( Urtikaria ) - Urtikaria ialah bercak yang sangat gatal dengan jerawat putih atau kuning dikelilingi kulit ...