Thursday 22 August 2013

Perlukah Bayi Diberi Empeng?

Empeng ialah dot kecil yang terbuat dari bahan plastik sebagai peganngannya dan bahan ka Perlukah Bayi Diberi Empeng?
Perlukah Bayi Diberi Empeng? - Empeng ialah dot kecil yang terbuat dari bahan plastik sebagai peganngannya dan bahan karet sebagai dot-nya. Empeng berbeda dengan dot yang ada pada botol susu,sebab empeng bukan untuk menyalurkan susu atau minuman lain kemulut bayi, tetapi untuk mainan si bayi.

Secara teori psikologi, bergotong-royong bayi tidak perlu diberi empeng asalkan kebutuhannya untuk menerima susu telah tercukupi. Namun, kenyataannya ada bayi-bayi tertentu yang masih ingin terus mengisap susu meskipun sudah kenyang sehingga air susu tumpah kembali sebagai muntahan. Pada bayi yang ibarat ini, empeng sanggup menjadi solusi karena cita-cita bayi untuk mengisap tetap terpenuhi tanpa perlu terlalu penuh perutnya.

Empeng juga menjadi solusi bagi bayi-bayi yang suka mengisap jari mereka. Mengisap jari yang keterlaluan akan membuat jari menjadi terlambat berkembang dibandingkan jari lainnya sehingga nantinya tidak seimbang. Oleh karenanya, bayi diberi empeng supaya yang diisap untuk memenuhi fase oralnya ialah empeng, bukan jarinya sendiri.

Baik dan Buruknya Empeng

  • Empeng memang solusi gampang untuk mengatasi bayi yang suka memuntahkan kembali susu karena terlalu kenyang dan bayi suka menggigit jari. Namun penggunaan empeng yang terlalu berlebih juga memiliki beberapa imbas negatif, antara lain:
  • Mengulum empeng yang berlebihan sanggup membuat bayi kehilangan selera menyusu pada ibunya, bila terus menerus terjadi maka bukan tidak mungkin bayi akan menjadi malnutrisi atau kekurangan gizi.
  • Empeng sanggup membuat pertumbuhan gigi menjadi terganggu sehingga gigi bayi tumbuh maju kedepan.
  • Terlalu asyik dengan empeng tanpa adanya stimulasi dari orangtua untuk mengajak bayi berkomunikasi akan membuat si bayi sulit menjalin hubungan dengan orang lain.

Setelah mengetahui kapan harus menggunakan empeng, imbas dan baik buruknya, diperlukan setiap orang renta lebih bijaksana dalam memutuskan kapan harus memberikan empeng bagi si kecil. Happy Parenting
Sumber https://jenninkaa.blogspot.com/

No comments:

Post a Comment

Tips Cerdas Mengatasi Biduran ( Urtikaria )

Tips Cerdas Mengatasi Biduran ( Urtikaria ) - Urtikaria ialah bercak yang sangat gatal dengan jerawat putih atau kuning dikelilingi kulit ...